Breaking News

Kasiman, Wasit Taekwondo Nasional Asal Karawang

Kasiman (Foto: Ayi Purnama)

Karawang, Karawangsport
Taekwondo Karawang patut berbangga, selain perkembangan olahraga jenis bela diri ini terus berkembang dengan banyaknya atlet-atlet yang menggelutinya, Karawang juga memiliki wasit nasional dalam sosok seorang Kasiman.

Ya, pria kelahiran 9 Juli 1971 ini adalah wasit taekwondo nasional satu-satunya asal Karawang. Mengawali karir sebagai wasit cabang Karawang di 2003, berlanjut sebagai wasit daerah Jawa Barat pada 2005, Ia mendapatkan lisensi sebagai wasit nasional pada 2008.

Atas statusnya sebagai wasit nasional, kasiman aktif dalam berbagai kejuaraan taekwondo tingkat nasional di Indonesia. Terbaru, bapak tiga anak ini terlibat memimpin pertandingan di Pekan Olahraga Nasional (PON) Jawa Barat 2016.

Saat itu, Kasiman menjadi salah satu dari dua wasit asal Jawa Barat yang dipercaya menjadi bagian dari hajatan akbar olahraga empat tahunan antarprovinsi se-Indonesia. Satu lagi kuota wasit asal Jawa Barat diisi Sawaludin Simbolon dari Kota Cimahi.

“Alhamdulillah atas dukungan dari keluarga, Pengurus Cabang (Pengcab) Taekwondo Indonesia (TI) Karawang dan keluarga besar taekwondo Karawang, saya bisa menjadi seperti sekarang. Semoga apa yang saya miliki ini bisa membantu perkembangan taekwondo di Karawang,” ujar Kasiman, kepada Karawangsport, Jumat (19/5/2017).

Mengenai kenyataan sebagai satu-satunya wasit taekwondo nasional asal Karawang, pria yang juga aktif sebagai ketua bidang perwasitan dan pertandingan Pengcab TI Karawang ini berharap, ke depannya bisa muncul wasit-wasit nasional lainnya dari Karawang.

“Saat ini ada enam wasit daerah asal Karawang. Mudah-mudahan mereka terus semangat dan berkembang hingga memiliki lisensi wasit nasional. Dengan banyaknya wasit berkualitas, tentunya akan membantu perkembangan taekwondo di Karawang, baik dari segi pembinaan maupun prestasi,” ucap pelatih Cikampek Taekwondo Club (CTC) ini. (ayi)