Breaking News

Puluhan Atlet Meriahkan Festival Pasanggiri Pencak Silat

Festival Pasanggiri Pencak Silat 2017. (Foto: Ayi Purnama)
Puluhan atlet memeriahkan Festival Pasanggiri Pencak Silat 2017 di Gedung Techno Mart, Kabupaten Karawang, Jawa Barat, Selasa (26/9/2017).

Ketua Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Karawang, Suryana, melalui Ketua Panitia, Kalim Maryana, didampingi Sekretaris IPSI, Doni Subiantoro, mengatakan, puluhan atlet yang terlibat berasal dari 12 perguruan pencak silat se-Karawang.

“Ke-12 perguruan tersebut yaitu Persinas Asad, Gaya Murni, Naga Wulung, Pusaka Kencana, Macan Kumbang, Kilat Mas, Maung Tali Wargi, Kencana Wulung, Sera, Bajing Kiring, Panca Rasa dan Purwa Kencana,” ujar Kalim Maryana, kepada Karawangsport, Selasa (26/9/2017).

Baca Juga Berita:

Suryana (Foto: Ayi Purnama)
Dijelaskan Kalim, dalam festival yang digelar oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Karawang dan dilaksanakan IPSI Karawang tersebut, seluruh peserta bersaing dalam dua kategori yaitu tunggal (tingkat SD) dan rampak (tingkat SD dan SMP).

“Peserta yang berhasil finis di posisi satu, dua dan tiga dari masing-masing kategori akan berlaga di tingkat provinsi pada tahun depan,” ucap pria yang menjabat juga sebagai kepala SMPN 1 Karawang Timur ini.

Okih Hermawan (Foto: Ayi Purnama)
Terpisah, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Karawang, Okih Hermawan, menyampaikan, Festival Pasanggiri Pencak Silat merupakan rangkaian dalam upaya memeriahkan HUT ke-384 Karawang pada 14 September 2017.

Selain itu, festival digelar dengan tujuan untuk melestarikan budaya Karawang secara khusus, dan nasional pada umumnya. Serta menjalin silaturahmi antar pesilat di Karawang dan mencari bibit pesilat andal sesuai yang ditargetkan IPSI Karawang.

Doni Subiantoro (Foto: Ayi Purnama)
“Pencak silat merupakan seni budaya yang telah diwariskan secara turun-temurun.  Oleh karena itu, keberadaannya  wajib dilestarikan. Dengan harapan, adanya pencak silat ini akan melahirkan dan menumbuhkan  generasi yang jujur, arif, dan berbudi pekerti yang luhur dalam memimpin bangsa ke depannya,” ucap Okih Hermawan.

Untuk diketahui, pada akhir kejuaraan, perguruan Bajing Kiring mendominasi dengan keluar sebagai juara tungggal SD, rampak SD dan rampak SMP. Diikuti Panca Rasa di posisi kedua dan Purwa Kencana di tangga ketiga (tunggal SD), Purwa Kencana sebagai runner up dan Kilat Mas di tempat ketiga (rampak SD), serta Gaya Murni dan Pusaka Kencana (rampak SMP). (ayi)
Kalim Maryana (Foto: Ayi Purnama)

Tidak ada komentar