Breaking News

Ryan Top Skor, Indonesia Finis di Posisi Delapan DNC 2017

Tim Garuda Muda U-12 yang berlaga di DNC 2017. (Foto: Antara)
Timnas Indonesia U-12, yang diwakili SSB Batu Agung, Kabupaten Balangan, Provinsi Kalimantan Selatan, harus puas finis di posisi delapan Danone Nations Cup (DNC) 2017. Hasil ini diterima setelah menelan kekalahan di partai pamungkas menghadapi Ghana 0-2, di Red Bull Arena, New York, Amerika Serikat, Minggu (24/9/2017) waktu setempat.

Kendati demikian, punggawa Garuda Muda, Satria Febrian Putra atau Ryan sukses menyabet gelar individu sebagai pencetak gol terbanyak. Pemain asal SSB Bandung Legend ini menorehkan delapan gol untuk Indonesia pada turnamen level dunia tersebut.

Delapan gol yang dicatatkan bersarang ke gawang Inggris (1), Uni Emirat Arab (3), Afrika Selatan (2), Jepang (1), dan Jerman (1).


Dalam gelaran DNC tahun ini sebenarnya Garuda Muda tampil memukau sejak babak penyisihan grup hingga babak 16 besar. Pada laga perdana penyisihan Grup D, Gruda Muda sukses mengalahkan Inggris dengan skor 2-0. Tren positif berlanjut dengan mempermalukan Uni Emirat Arab 3-0 dan melumat Afrika Selatan dengan skor serupa 3-0.

Di babak 16 besar, Garuda Muda berhasil mengalahkan tim kuat dari Asia Timur, Timnas Jepang dengan skor tipis 2-1 dan berhak melaju ke perempat final.

Namun, langkah Garuda Muda harus terhenti setelah takluk dari Mexico dengan skor 0-2 di babak perempat final. Hingga akhirnya, tim yang dilatih Otsuka Koichi harus puas berlaga di perebutan peringkat lima sampai delapan.

Nasib buruk lagi-lagi harus diterima Garuda Muda usai takluk di perebutan peringkat lima dari Jerman dengan skor 2-3. Hal yang sama terjadi saat bersua Ghana untuk memperebutkan posisi tujuh dengan skor 0-2.

Meski begitu, pencapaian Indonesia di DNC 2017 masih lebih baik ketimbang tahun 2016. Pada gelaran DNC tahun lalu, Indonesia berhasil merebut posisi ke-11 dunia setelah mengalahkan Tunisia dengan skor tipis 1-0 di Stade De France, Prancis.

Prestasi terbaik yang berhasil ditorehkan dalam turnamen yang diambasadori oleh Zin├ędine Zidane adalah pada tahun 2006. Wakil Indonesia saat itu, SSB Makassar Football School 2000 yang berasal dari Sulawesi Selatan berhasil mencapai semifinal dan meraih posisi keempat yang sampai saat ini rekor tersebut belum bisa terpecahkan.

Pada akhir kejuaraan, Mexico berhasil menjadi yang terbaik di DNC tahun ini setelh mengalahkan Argentina 2-0 di partai final. Sementaara itu, Brazil keluar sebagai juara DNC 2017 kategori perempuan dengan mengalahkan Canada. 

Seperti diketahui, digelaran DNC 2017, Indonesia yang diwakili SSB Batu Agung (juara DNC tingkat nasional) hanya diperkuat 10 pemain. Karena ada 12 kouta pemain yang harus dibawa pada ajang dunia tersebut, sehingga tim pelatih menambah amunisi dengan memasukkan pemain bertalenta lainnya, dari hasil seleksi dan pertimbangan pada ajang AquaDNC 2017 nasional.

Dua pemain yang dipilih untuk melengkapi tim yaitu Satria Febrian Putra (Ryan) dari SSB Bandung Legend FC dan dan M. Rizqi Nugraha dari SSB Benpica Muda Karawang. Kedua pemain tambahan tersebut berasal dari Provinsi Jawa Barat. Ryan merupakan top skor, sedangkan Rizqi pemain terbaik di tingkat nasional.

Tidak ada komentar