Breaking News

Liga 1 dan Liga 2 Musim 2018, Jabar Diwakili Persib dan Persika

Tim Persika Karawang musim 2017. (Foto: Ofisial Persika/Lufi Firmansyah)
Persib Bandung dan Persika Karawang menjadi dua tim yang akan mewakili Jawa Barat (Jabar) di pentas sepakbola nasional kasta pertama dan kedua musim 2018. Persib berlaga di Liga 1, sedangkan Persika akan berjuang di Liga 2.

Kepastian hanya dua tim yang menjadi wakil Jabar musim depan di Liga 1 dan Liga 2 menyusul terdegradasinya tiga tim lainnya yang berlaga di Liga 2 musim 2017 ke Liga 3 musim 2018. Yaitu Persikabo Bogor, Persikad Depok dan PSGC Ciamis.

Persikabo dan Persikad harus rela terdegradasi lebih awal saat berakhirnya babak penyisihan grup. Tergabung di Grup 2 bersama Persita Tangerang, Perserang Serang, Cilegon United, Persika Karawang, PS Bengkulu dan Lampung Sakti FC, Persikabo finis sebagai juru kunci, sedangkan Persikad di posisi lima.

Baca Juga Berita:

Dengan regulasi tim peringkat 1 dan 2 dari delapan grup lolos ke babak 16 besar, peringkat 3 dan 4 ke babak play off, serta peringkat 5 ke bawah terdegradasi, otomatis posisi yang ditempati Persikabo dan Persikad harus mengantarkan kedua tim ke jurang degradasi.

Sementara itu, PSGC Ciamis turun kasta usai kalah bersaing oleh Persika dalam perebutan posisi runner up terbaik babak play off Liga 2. Kendati sama-sama mengumpulkan enam poin, PSGC Ciamis kalah selisih gol dari klub asal Kabupaten Karawang tersebut.

Dari total 16 tim yang menjalani babak play off, lima tim berhasil merebut tiket bertahan di Liga 2 musim depan dan mengisi 24 kuota tim peserta. Yaitu Persiraja Banda Aceh (juara Grup E), PSIR Rembang (juara Grup F), Perserang Serang (juara Grup G), PSIM Yogyakarta (juara Grup H) dan Persika Karawang (runner up terbaik dari Grup E).

Sebelumnya, baik PSGC Ciamis maupun Persika menembus babak play off usai finis di posisi empat klasemen akhir Grup 3 dan Grup 2. Pada babak play off, PSGC Ciamis keluar sebagai runner up Grup G.

“Alhamdulillah, Persika bertahan di Liga 2 musim depan sebagai tim runner up terbaik di babak play off,” ujar Asisten Pelatih Persika Karawang, Hary Prasetyo, melalui pesan singkat kepada Karawangsport, Selasa (17/10/2017).

Seperti diketahui, Persika yang tergabung di Grup E Babak Play Off Liga 2 sukses mengumpulkan enam poin dari tiga laga usai mengalahkan Celebest FC 2-1 dan Persepam Madura Utama 5-1. Sedangkan satu laga lainnya berakhir dengan kekalahan dari Pesiraja Banda Aceh 0-2.

Khusus untuk Persib, kendati jalannya Liga 1 masih menyisakan lima hingga enam laga terakhir, tim juara bertahan ini memiliki kans besar untuk bertahan di Liga 1 musim depan. Saat ini posisi Persib ada diurutan 11 klasemen sementara dari 18 peserta yang terlibat  (ayi)

Tidak ada komentar