Breaking News

Jelang Porda dan Popda 2018, Judo Bangun Karakter dan Mental Atlet Melalui Outbound

Atlet-atlet judo Karawang foto bersama saat mengikuti kegiatan outbound. (Foto: Istimewa)
Pengurus Persatuan Judo Seluruh Indonesia (PJSI) Kabupaten Karawang terus mempersiapkan tim jelang berlaga di gelaran Pekan Olahraga Daerah (Porda) dan Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) Jawa Barat 2018.

Selain mengasah skill dengan latihan rutin, tim judo juga membangun karakter, mental, keberanian, loyalitas dan kekompakan atlet melalui kegiatan outbound di Cikole Lembang, Jawa Barat, 7-8 Juli 2018.

Sekretaris PJSI Karawang, Arnold Silalahi mengatakan, kegiatan yang dilaksanakan bersama Padepokan Judo Taruna Karawang (PJTK) diikuti kurang lebih 40 atlet.

“Tak hanya atlet Porda dan Popda, tapi atlet-atlet junior yang dibina Padepokan Judo Taruna Karawang juga dilibatkan agar mereka kian termotivasi untuk mewujudkan cita-cita menjadi judoka yang andal,” ujar Arnold Silalahi, kepada Karawangsport, Rabu (11/7/2018).

Dijelaskan Arnold, untuk bisa meraih hasil maksimal di ajang bergengsi seperti Porda dan Popda, seorang atlet tak hanya cukup memiliki skill yang mumpuni, tapi harus diiringi mental, karakter dan keberanian yang kuat.

Oleh karena itu, lanjut dia, meski dengan segala keterbatasan yang ada, pengurus PJSI tetap berusaha menyiapkan atlet-atletnya sebaik mungkin demi mengharumkan nama Karawang. 

“Terima kasih atas dukungan dari orang tua atlet yang begitu besar khususnya dalam segi finansial yang selama ini menjadi problem kami untuk mempersiapkan tim dengan baik. Semoga di Porda dan Popda tim ini bisa memberikan hasil terbaik untuk Karawang,” ucapnya.


Kejuaraan di Manila
Lebih lanjut, Arnold mengungkapkan, selain diikutsertakan dalam kegiatan outbound, khusus atlet-atlet junior akan dikirimkan mengikuti Hajime International Judo Tournament 2018 di Manila, Filipina, pada 22-23 Juli mendatang.

“Kami sengaja selalu berusaha mengikuti kejuaraan di dalam maupun luar negeri demi menyiapkan atlet judo Karawang yang berkualitas. Regenerasi atlet merupakan tujuan kami terlibat di Manila nanti,” tegasnya.


Apresiasi
Sementara itu, Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Karawang Sayuti Haris, melalui Sekretaris Umum Joni Heru memberikan apresiasi kepada pengurus PJSI dan atletnya yang terus melakukan persiapan dengan maksimal sebelum berlaga di Porda.

“Meski dengan anggaran yang terbatas, khususnya kegiatan tersebut (outbound) mereka memakai biaya sendiri, tapi tim judo selalu inisiatif dan semangat berlatih serta tidak menyerah dengan keadaan, mereka patriot, ini patut dijadikan contoh oleh pengurus cabang olahraga yang lain,” katanya. (ayi)

Tidak ada komentar