Breaking News

Pentingnya Tenaga Recovery (Masseur) dalam Setiap Event Olahraga

Oleh: Astri Ayu Irawan, S.Pd., M.Pd
(Penulis merupakan Mahasiswi Program Doktoral Penjas PPS-UNJ)

Dunia olahraga begitu luas namun dalam event olahraga yang terlihat oleh kasat mata adalah Atlet. Hanya saja ada beberapa tim pendukung yang merupakan bagian dari keberhasilan suatu kemenangan dalam event olahraga tertentu, yang sering kali teracuhkan padahal begitu besar pengaruhnya. Salah satu di antaranya adalah Tim Recovery (Masseur). 

Pada kenyataannya di lapangan Tim Recovery (Masseur) merupakan bagian yang sangat penting dalam suatu pertandingan. Dimana ketika atlet mengalami cedera, yang paling dekat dengan atlet adalah masseur. Seorang masseur bisa lebih dari seorang pelatih, psikolog, dan tim lainnya, hal tersebut dikarenakan begitu dekatnya hubungan yang tanpa disadari itu melalui sport massage. 
Saat dilakukan massage dengan sendirinya atlet akan merasa nyaman bahkan sampai ada yang curhat dan berkeluh kesah meski seorang masseur hanya bisa mendengarkan dan terkadang hanya memberikan masukan yang positif kepada atlet.

Pada saat ini latar belakang pendidikan seorang masseur di Indonesia adalah Sarjana olahraga. Dengan dibekali keilmuan dan pelatihan-pelatihan ilmu sport massage dan penanganan cedera olahraga. Para masseur terus mengembangkan keilmuan yang ada dan terbaru melalui pelatihan-pelatihan tersebut.

Kendati penghasilan seorang masseur di Indonesia masih dikatakan rendah jika dibandingkan dari jumlah masseur yang ada dan jumlah atlet yang ada. Jumlah masseur di Indonesia masih sangat lah minim, jika dibandingkan dengan jumlah atlet yang ada di Indonesia. Kinerja yang begitu luar biasa, masseur terkadang sering tidak diperhatikan. Belum lagi banyaknya cabang olahraga yang telah diberikan dana oleh pemerintah khususnya untuk anggaran masseur, masih banyak yang dipangkas dan pada akhirnya tidak diberikan sesuai dengan hak mereka dari anggaran pemerintah.

Namun demikian seseorang yang telah memutuskan untuk menjadi seorang masseur mereka melakukannya dengan hati yang ikhlas. Masseur Indonesia selalu melakukan pekerjaan mereka terlebih dahulu tanpa tahu seberapa besar gaji yang akan mereka terima. Tetapi mereka melakukannya dengan suka cita dan menikmati setiap tugas yang diberikan.

Dengan adanya tulisan ini, semoga pemerintah khususnya para intansi di bidang keolahragaan dapat lebih memperhatikan nasib para tenaga masseur Indonesia. Karena tanpa tenaga masseur recovery saat dan setelah pertandingan tidak akan sempurna. Dan tak bisa dipungkiri bahwa di balik keberhasilan dan kemenangan seorang atlet ada peran penting dari seorang tenaga masseur. (*)

Tidak ada komentar