Breaking News

Taekwondo Menjadi Cabang Unggulan di Asian Games 2018

Oleh: Evi Susianti, S.Pd.,M.Pd
(Penulis merupakan Mahasiswi Program Doktoral Penjas PPS-UNJ)

Tercatat dalam sejarah Asian Games 1962 yang diselengarakan di Jakarta pada tanggal 24 Agustus 1962 sampai 4 september 1962, dan pada akhirnya Indonesia akan kembali menjadi tuan rumah setelah 56 tahun menunggu dalam perlehatan  Asian Games 2018 yang akan diselenggarakan mulai tanggal 18 Agustus sampai 2 september di Jakarta dan Palembang.

Kebanggaan yang luar biasa ketika menjadi bagian dari sejarah ini, kontribusi sebagai bagian dari akademisi, Mahasiswa Pascasarjana Program Doktoral Pendidikan Jasmani Universitas Negeri Jakarta angkatan 2017 mengadakan Seminar Nasional dengan tema “Spirit Energy of Asian Games 2018” yang diselengarakan pada tangal 9 Mei 2018 lalu di gedung Dewi Sartika Universitas Negeri Jakarta.

Salah satu pembicara Seminar Nasional Prof. Dr. dr. James Tangkudung, SportMed., M.Pd menegaskan, Indonesia memiliki peluang masuk peringkat 8 besar. Adapun beberapa cabang olahraga unggulan yang akan menyumbangkan medali emas antara lain: bulutangkis, pencak silat, angkat besi, panjat tebing, wushu, jet sky, taekwondo, dayung, paralayang, bridge dan panahan.

Atlet-atlet taekwondo yang bertanding dalam Asian Games 2018 berjumlah 19 atlet, terdiri dari 8 taekwondoin poomsae (seni) dan 11 kyorugi (tarung). Semangat menjadi juara yang luar biasa sudah nampak pada tim taekwondo, terbukti dalam Tes Event Asian Games 2018, Indonesia meraih enam emas dari cabang taekwondo melalui Mariska Halida di kelas -53 kg putri, Shalehah Fitriana di kelas -67 kg putri. Nomor perorangan putra poomsae melalui Muhammad Alfi Kusuma, perorangan putri poomsae melalui Defia Rosmaniar, serta emas dari tim putra dan tim putri.

Prestasi yang membanggakan diraih oleh Defia Rosmaniar yang merupakan mahasiswa Universitas Negeri Jakarta disela-sela training camp di Korea, mengikuti kejuaraan Asia 2018 di Ho Chi Minh, Vietnam dengan meraih medali emas untuk Indonesia.

Semangat juara, semangat Asian Games 2018, semua lapisan masyarakat Indonesia mendukung para atlet yang berlaga membela Tanah Air Indonesia. Bangga menjadi bagian dari sejarah ini. (*)

Tidak ada komentar