Breaking News

PSSI Karawang Gelar Manager Meeting Liga, Ini Beberapa Poin Penting Yang Wajib Diketahui

Manager meeting Divisi Satu. (Foto: Ayi Purnama)
Askab PSSI Karawang menggelar manager meeting Divisi Utama dan Divisi Satu Liga Askab PSSI Karawang musim 2019, di Sekretariat Askab PSSI Karawang, Selasa (15/1/2019).

Dalam manager meeting yang dibuka Ketua Askab PSSI Karawang Haji Suhanda, dan dihadiri Wakil Ketua Muksin Supriyadi serta pengurus lainnya, perwakilan klub-klub Divisi Utama terlebih dahulu mengikuti jalannya acara. Kemudian dilanjutkan oleh klub-klub Divisi Satu.


"Untuk regulasi pemain Divisi Utama yaitu U-23 dan wajib memasukan minimal lima pemain usia 18 tahun di starting elevent. Sedangkan Divisi Satu yaitu U-19," ujar Sekretaris Jenderal Askab PSSI Karawang H. Oma Miharja Rizki, melalui Ketua Sekretariat Irwan Setiawan, kepada Karawangsport, Selasa (15/1/2019).

Manager meeting Divisi Utama. (Foto: Ayi Purnama)
Mengenai pendaftaran pemain, Irwan mengatakan, baik Divisi Utama maupun Divisi Satu akan dibuka mulai 16 Januari hingga 28 Februari untuk tahap pertama. Sedangkan tahap kedua dibuka pada pertengahan musim.

"Setiap klub berhak mendaftarkan sekurang-kurangnya 18 pemain dan sebanyak-banyaknya 30 pemain. Dan mengenai perpindahan atau peminjaman pemain harus dinyatakan dengan surat keluar atau surat peminjaman dari klub sebelumnya dan tercantum dalam surat pengesahan pemain," ucapnya.

Terkait sistem kompetisi, Irwan menjelaskan, Divisi Utama dan Divisi Satu sama-sama menggunakan sistem setengah kompetisi.

Nantinya, lanjut Irwan, 16 klub Divisi Utama akan saling bertemu dan menjalani 15 pertandingan. Sementara itu, 24 klub Divisi Satu dibagi ke dalam dua wilayah, yang mana setiap wilayahnya terdiri dari dua grup dengan dihuni masing-masing enam tim setiap grupnya. Peringkat teratas dari setiap grup berhak lolos ke semifinal.

"Pada akhir kompetisi, dua klub terbawah dari Divisi Utama akan terdegradasi ke Divisi Satu. Sedangkan Divisi Satu akan menurunkan empat tim ke Divisi Dua yaitu tim-tim penghuni dasar klasemen pada fase grup, dan akan mempromosikan dua tim ke Divisi Utama," katanya.

Untuk diketahui, sebelum memasuki launching liga yang rencananya akan digelar Maret 2019, Askab PSSI Karawang selaku operator dijadwalkan menggelar workshop Divisi Utama dan Divisi Satu pada 5 Februari 2019. (ayi)

Berikut Hasil Grouping Divisi Satu Musim 2019

  • Grup A: Guntur 1989, Kidang Mas FC, Irwas FC, Tunas Remaja Club, Ika Siper dan Ansak FC
  • Grup B: Kerabat FC, Metro FC, Pesona FC, Peta FC, Tunas Muda dan Pandawa FC
  • Grup C: Genesis FC, Porgin, PSD FC, Laskar 99, Gapura FC dan Perseto
  • Grup D: A.L.K FC, Bimantara, BTM Arpu, Grec Star, Persip 99 dan Tunas Remaja FC

Tidak ada komentar