Breaking News

PAUD Alam Al-Firdaus Gelar Pelatihan Kawasan Rumah Pangan Lestari

Ketua Yayasan Assolahiyah, Heru Saleh (kemeja biru) foto bersama dengan narasumber dan peserta pelatihan. (Foto: Ayi Purnama)
PAUD Alam Al-Firdaus menggelar pelatihan Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) di lingkungan PAUD Alam Al-Firdaus, Kampung Kopo Barat, Desa Muktijaya, Kecamatan Cilamaya Kulon, Kabupaten Karawang, Jawa Barat, Kamis (18/4/2019).

Ketua Yayasan Assolahiyah sekaligus pengelola PAUD Alam Al-Firdaus, Heru Saleh mengatakan, kegiatan pelatihan diikuti sebanyak 50 peserta yang berasal dari komunitas KOPPI, wali murid PAUD Alam Al-Firdaus dan masyarakat Desa Muktijaya.

“Untuk narasumbernya kami menghadirkan Ir. Hendra Gunawan selaku Widyaiswara dari Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Lembang,” ujar Heru, didampingi pendamping dari Care LPPM IPB, Anang Rahmadi, kepada Karawangsport, Kamis (18/4/2019).

Pelatihan Kawasan Rumah Pangan Lestari. (Foto: Ayi Purnama)
Dijelaskan Heru, Kawasan Rumah Pangan Lestari merupakan program Kementerian Pertanian untuk mengoptimalisasi lahan pekarangan yang ramah lingkungan dan dirancang untuk pemenuhan kebutuhan pangan dan gizi keluarga. Bentuk pemanfaatan seperti budidaya tanaman pangan, buah, sayuran dan tanaman obat keluarga (toga), pemeliharaan ternak dan ikan, pengolahan limbah rumah tangga organik menjadi kompos dan limbah anorganik jadi keterampilan.

“Pelatihan ini bertujuan untuk menambah wawasan masyarakat mengenai Kawasan Rumah Pangan Lestari, serta meningkatkan kesadaran dan kepedulian terhadap lingkungan dengan cara memanfaatkan lahan pekarangan. Apalagi Karawang dikenal sebagai lumbung padi, diharapkan kegiatan ini bisa menumbuhkan kembali semangat masyarakat untuk bercocok tanam,” tuturnya.

Lebih lanjut Heru berharap, dengan dilaksanakannya pelatihan, Cilamaya Kulon, khususnya PAUD Alam Al-Firdaus bisa dijadikan percontohan Kawasan Rumah Pangan Lestari, untuk selanjutnya dapat dikembangkan di seluruh pelosok Karawang.

“Selain pelatihan, kami juga akan menggelar studi banding ke BBPP Lembang dan pembagian bibit tanaman kepada masyarakat. Mudah-mudahan melalui kegiatan ini ke depannya masyarakat dapat lebih mudah dalam memenuhi kebutuhan pangan dan gizi keluarga. Lebih jauhnya menunjang kesejahteraan masyarakat,” katanya.

Untuk diketahui, PAUD Alam Al-Firdaus yang berada di bawah naungan Yayasan Assolahiyah merupakan mitra binaan PT Pertamina EP Asset 3 Subang Field. Saat ini, PAUD yang memiliki 5 guru dan 60 siswa ini ditunjang fasilitas tiga ruang belajar. (ayi/dea)

Tidak ada komentar