Breaking News

Tiga Judoka Karawang Berpeluang Tampil di PON 2020 Papua

Billy Sugara dan Imam Maulana Muttaqin. (Foto: Istimewa)
Tiga atlet judo (judoka) Kabupaten Karawang berpeluang tampil dalam perhelatan Pekan Olahraga Nasional (PON) 2020 yang akan digelar di Provinsi Papua.

“Jika melihat ranking pengumpulan poin yang menjadi penentu atlet bisa tampil di PON 2020 Papua, sedikitnya ada tiga atlet kami yang berpeluang memperkuat kontingen Jawa Barat,” ujar pelatih judo Karawang Arnold Silalahi, kepada Karawangsport, Sabtu (18/5/2019).

Arnold mengatakan, ketiga atlet Karawang tersebut yaitu Billy Sugara yang turun di kelas +100 kg putra, Imam Maulana Muttaqin di kelas -55 kg putra dan Anggun Nurajijah di kelas -45 kg putri.

“Saat ini ketiganya masuk posisi delapan besar ranking nasional di kelasnya masing-masing yang merupakan syarat bisa tampil di PON. Bahkan Billy dan Anggun menempati posisi ranking pertama,” ucap pelatih yang menjabat juga sebagai sekretaris Pengprov PJSI Jawa Barat ini.

Anggun Nurajijah. (Foto: Istimewa)
Arnold menjelaskan, untuk menjaga peluang tampil di PON 2020, ketiga atlet judo Karawang harus tampil konsisten dalam persaingan ranking nasional. Pasalnya, jika keluar dari posisi delapan besar maka peluangnya otomatis akan tertutup.

“Ranking ini ditentukan dari pengumpulan poin dalam Kejurnas yang digelar PB PJSI. Oleh karena itu, tentunya sangat penting bagi ketiganya untuk bisa tampil terus dalam setiap Kejurnas,” jelasnya.

Seperti diketahui, atlet-atlet judo Karawang selalu menjadi bagian penting dalam keberhasilan tim judo Jabar meraih medali dalam setiap event yang diikuti. Dalam PON 2016 yang digelar di Jabar misalnya, lima judoka Karawang yang tampil memperkuat Jabar berhasil menyumbangkan total 6 medali yaitu 3 emas, 1 perak dan 2 perunggu.

Saat itu medali emas disumbangkan Billy Sugara, Nakim dan Fadilah Febrianti. Perak oleh Imam Maulana Muttaqin. Kemudian perunggu dipersembahkan Anggun Nurajijah dan Fadilah Febrianti.

“Mudah-mudahan Billy, Imam dan Anggun bisa tampil di PON 2020 dan kembali menyumbangkan medali untuk Jawa Barat,” katanya. (ayi)

Tidak ada komentar