Breaking News

160 Pendaftar Padati SMPN 3 Karawang Barat di Hari Pertama PPDB

Panitia PPDB SMPN 3 Karawang Barat (sebelah kanan) saat melayani pendaftar. (Foto: Ayi Purnama)
Karawang, Karawangsport
Sebanyak 160 pendaftar memadati Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 3 Karawang Barat di hari pertama pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMP/MTs tahun pelajaran 2019-2020, di sekolah setempat, Senin (17/6/2019).

Kepala SMPN 3 Karawang Barat, Dudi, S.Pd., M.Pd, melalui Ketua panitia PPDB, H. Sudarsono, M.Pd mengatakan, sesuai jadwal, hari pertama dan kedua (17 dan 18) PPDB diperuntukkan bagi jalur mutasi orang tua dan luar kabupaten, prestasi, dan keluarga ekonomi tidak mampu.

"Jadi, jumlah tersebut berasal dari tiga jalur yaitu luar kabupaten 17 pendaftar, prestasi 48 pendaftar, dan keluarga ekonomi tidak mampu 95 pendaftar. Dengan menyisakan satu hari lagi hingga besok (18 Juni), kemungkinan jumlah pendaftar untuk tiga jalur tersebut masih akan bertambah," ujar H. Sudarsono, kepada Karawangsport, Senin (17/6/2019).

Kepala SMPN 3 Karawang Barat, Dudi, S.Pd., M.Pd. (Foto: Ayi Purnama)
Mengenai kuota yang tersedia dari tiga jalur tersebut, H. Sudarsono menjelaskan, jalur mutasi orang tua dan luar kabupaten sebesar 5%, jalur prestasi jumlahnya sama 5%, dan jalur keluarga ekonomi tidak mampu 10%.

"Dalam tahun pelajaran 2019-2020, sekolah kami akan menjaring sebanyak 440 siswa. Dengan kuota lima persen, maka jalur mutasi orang tua dan luar kabupaten akan diisi 22 siswa, demikian juga dengan jalur prestasi 22 siswa. Sedangkan jalur keluarga ekonomi tidak mampu 44 siswa. Total dari tiga jalur tersebut yaitu 88 siswa," jelasnya.

Ketua panitia PPDB SMPN 3 Karawang Barat, H. Sudarsono, M.Pd. (Foto: Ayi Purnama)
H. Sudarsono menambahkan, untuk memenuhi target 440 siswa, SMPN 3 Karawang Barat akan merealisasikan melalui jalur zonasi satu desa dengan sekolah tujuan yang memiliki prestasi sebesar 80%. Jalur ini, lanjut dia, akan dibuka pada 19 dan 20 Juni 2019.

"Apabila jalur zonasi satu desa dengan sekolah tujuan masih menyisakan kuota, maka akan dilaksanakan jalur zonasi desa berbatasan langsung dengan desa sekolah tujuan di wilayah Kabupaten Karawang (21-22 Juni). Jika masih belum terpenuhi akan dilanjutkan dengan jalur zonasi desa yang berada satu kecamatan dengan desa sekolah tujuan (23-24 Juni). Bilamana masih menyisakan kuota maka akan digelar jalur zonasi Kabupaten Karawang pada 25 Juni," ucap pria yang menjabat juga sebagai wakasek kesiswaan ini.

Untuk pengumuman hasil PPDB, H. Sudarsono mengungkapkan, akan dilakukan di hari terakhir waktu pendaftaran dari masing-masing jalur.

"Misalnya untuk jalur mutasi orang tua dan luar kabupaten, prestasi, dan keluarga ekonomi tidak mampu, maka hasilnya akan diumumkan pada tanggal 18 Juni pukul 18.00. Begitu juga jalur zonasi satu desa dengan sekolah tujuan, pengumuman hasil akan dilaksanakan pada tanggal 20 Juni pada pukul yang sama (18.00). Mudah-mudahan PPDB tahun ini berjalan lancar hingga akhir," katanya. (ayi/dea)

Tidak ada komentar