Breaking News

Perdana di Karawang, PAUD Alam Al-Firdaus dan PT Pertamina Gelar Festival Sampah

Foto bersama panitia, juri dan tamu undangan dalam kegiatan Festival Sampah. (Foto: Istimewa)
PAUD Alam Al-Firdaus bekerjasama dengan PT Pertamina EP Asset 3 Subang Field menggelar Festival Sampah di PAUD Alam Al-Firdaus, Kampung Kopo Barat, Desa Muktijaya, Kecamatan Cilamaya Kulon, Kabupaten Karawang, Jawa Barat, Kamis (4/7/2019).

Ketua Yayasan Assolahiyah Karawang sekaligus pengelola PAUD Alam Al-Firdaus, Heru Saleh mengatakan, festival yang dimeriahkan karnaval dan ikrar bersama tentang menjaga kebersihan lingkungan dan pemanfaatan sampah diikuti sebanyak 350 peserta.

"Jumlah tersebut berasal dari dua kategori yaitu pelajar dan umum. Para peserta menampilkan kreasi dari barang bekas atau sampah," ujar Heru, Kamis (4/7/2019).

Juara 1, 2 dan 3 kategori pelajar. (Foto: Ayi Purnama)
Dijelaskan Heru, tujuan digelarnya Festival Sampah yang memperebutkan total hadiah jutaan rupiah dan doorprize seperti TV, HP, kipas angin dan lain-lain, untuk mengedukasi serta memupuk kesadaran masyarakat agar lebih peduli dan cinta terhadap kebersihan lingkungan.

"Tidak hanya peduli dan cinta terhadap kebersihan lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan, tapi mendaur ulang sampah sehingga menghasilkan sesuatu yang bernilai guna. Insyaallah festival ini akan digelar kembali ke depannya. Kami juga berharap Festival Sampah bisa menjadi bagian dalam memeriahkan hari jadi Kabupaten Karawang agar jangkauan untuk memupuk kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan bisa lebih luas," ucapnya.

Dihubungi terpisah, Camat Cilamaya Kulon Basuki Rachmat, S.E, didampingi Kepala Desa Muktijaya Sawa Isyirot, mengaku bangga atas inisiatif PAUD Alam Al-Firdaus dan PT Pertamina EP Asset 3 Subang Field yang menggelar Festival Sampah.

"Ini adalah Festival Sampah pertama yang digelar di Karawang. Kami berharap kegiatan positif seperti ini bisa terus dilaksanakan dan menjadi contoh untuk daerah lainnya di luar Cilamaya. Mudah-mudahan dengan adanya festival ini masyarakat Cilamaya khususnya dan umumnya Karawang bisa mencintai lingkungan dengan cara tidak membuang sampah sembarangan dan memanfaatkan sampah menjadi sesuatu yang bernilai," katanya.

Juara 1, 2 dan 3 kategori umum. (Foto: Ayi Purnama)
Sementara itu, juri Festival Sampah Dr. Dayat Hidayat, M.Pd mengatakan, dalam hal penilaian terhadap hasil kreasi peserta, tim juri menilainya dari beberapa kriteria seperti prinsip 3R, kreativitas, sustainable, utility dan kerapian.

Untuk diketahui, dalam festival yang dihadiri CDO PT Pertamina EP Asset 3 Subang Field Ikrimatul Maknun, melibatkan 6 juri yang berasal dari DLHK, PT Pertamina EP Asset 3 Subang Field, Unsika dan Disdikpora Karawang. (ayi/dea)

Tidak ada komentar