Breaking News

Warga Belajar PKBM Assolahiyah Karawang Jalani MOP

Warga belajar PKBM Assolahiyah Karawang jalani MOP. (Foto: Istimewa)
Puluhan warga belajar Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Assolahiyah Karawang menjalani Masa Orientasi Pramuka (MOP) di Desa Muktijaya, Kecamatan Cilamaya Kulon, Kabupaten Karawang, Jawa Barat, 19-20 Juli 2019.

“Peserta yang terlibat merupakan warga belajar yang baru masuk di tahun pelajaran 2019/2020,” ujar Ketua PKBM Assolahiyah Karawang, Heru Saleh, M.Pd, yang bertindak sebagai Ketua Majelis Pembimbing Gugus Depan (Kamabigus), Sabtu (20/7/2019).

Dikatakan Heru, gerakan pramuka merupakan suatu lembaga pendidikan nonformal yang diberi tugas oleh pemerintah untuk melaksanakan pendidikan kepramukaan bagi anak-anak dan pemuda di Indonesia.

Seirama dengan hal tersebut, jelas Heru, PKBM Assolahiyah yang notabene pendidikan nonformal menggelar MOP sebagai wadah untuk membina dan mengembangkan generasi muda agar menjadi warga negara yang berkarakter, memiliiiki kepribadian dan berbudi pekerti luhur.

“Kegiatan ini juga bertujuan untuk membina serta memupuk jiwa nasionalisme dan patriotisme seluruh warga belajar yang terlibat,” ucapnya.

Bhabinkamtibmas Desa Muktijaya Bripka Yudha Erwanto, SH, didampingi narasumber MOP Bripka Apri Handoko menyampaikan, pembinaan dan pengembangan generasi muda yang merupakan kader-kader penerus perjuangan bangsa dalam pembangunan nasional bisa dilaksanakan melalui usaha-usaha meningkatkan ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa.

Selain itu, lanjut Bripka Yudha, menanamkan dan menumbuhkembangkan kesadaran berbangsa dan bernegara, mempertebal idealisme, semangat patriotisme dan harga diri, memperkokoh kepribadian dan disiplin, memupuk kesegaran jasmani dan daya kreasi, mengembangkan kepemimpinan, ilmu, keterampilan serta mendorong partisipasi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. (rls/ayi/dea)



Tidak ada komentar