Breaking News

Jelang HUT RI ke-74, Paskibraka Karawang Jalani Pemusatan Latihan

Jelang HUT RI ke-74, Paskibraka Karawang jalani pemusatan latihan. (Foto: Istimewa)
Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kabupaten Karawang menjalani pemusatan latihan di Aula Hotel Omega dan Lapang Upacara Tugu Kebulatan Tekad Rengasdengklok, Karawang, Jawa Barat, 4-18 Agustus 2019.

Ketua Umum Purna Paskibraka Indonesia (PPI) Kabupaten Karawang, Risman Maulana mengatakan, jumlah anggota paskibraka yang menjalani pemusatan latihan sebanyak 50 orang, terdiri dari 25 putra dan 25 putri.

“Mereka berasal dari 33 sekolah, baik SMA maupun SMK negeri dan swasta se-Kabupaten Karawang,” ujar Risman, kepada Karawangsport, Senin (5/8/2019).

Risman menambahkan materi latihan yang diberikan sebanyak 10 item mulai dari latihan baris berbaris dan pengibaran bendera, pendidikan pendahuluan bela negara, kunjungan industri, pendidikan karakter bangsa, sejarah perjuangan Rawagede Karawang, ESQ, tata upacara bendera, sejarah bendera merah putih dan wawasan kebangsaan, pembinaan mental dan rohani, dan penerapan nilai-nilai kedisiplinan.

“Selama pemusatan latihan, mereka dibina pelatih yang berasal dari unsur Kodim 0604 Karawang (2 orang), Yonif Para Raider 305/Tengkorak (2), Polres Karawang (2), Minvet 3-1 (1), dan PPI Karawang (3),” ucapnya.

H. Jaeni, S.Pd., M.M.Pd. (Foto: Ayi Purnama)
Dihubungi terpisah, Kepala Bidang Pemuda dan Olahraga, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Karawang, H. Jaeni, S.Pd., M.M.Pd, didampingi Kasi Pemuda Kosasih, S.Pd,. M.M dan Kasi Olahraga Heri Suryana, S.Pd., M.Pd menjelaskan, tujuan dilaksanakannya pemusatan latihan yaitu mempersiapkan Paskibraka pada peringatan HUT ke-74 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia.

Selain itu, lanjut H. Jaeni, untuk meningkatkan rasa nasionalisme dan patriotisme di kalangan pelajar Karawang, mengasah mental, kedisiplinan, kemandirian dan membangun karakter anggota paskibraka agar menjadi generasi bangsa yang andal dan berkualitas.

“Mudah-mudahan dengan adanya kegiatan ini seluruh anggota paskibraka dapat melaksanakan tugas dengan baik dan sukses dalam upacara peringatan HUT ke-74 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia pada 17 Agustus mendatang,” katanya.

Untuk diketahui, kegiatan pemusatan latihan yang digelar Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Karawang, melalui Bidang Pemuda dan Olahraga, serta PPI Karawang ini dibuka langsung oleh Kadisdikpora, Drs. H. Dadan Sugardan, M.Pd. (ayi/dea)


Tidak ada komentar