Breaking News

SMAN 1 Telukjambe Dukung Program Citarum Harum

Keluarga besar SMAN 1 Telukjambe foto bersama kepala Diskominfo Jabar. (Foto: Ayi Purnama)
SMAN 1 Telukjambe berkomitmen mendukung program Citarum Harum yang merupakan upaya pemerintah untuk memulihkan sungai terpanjang di Jawa Barat. Hal itu disampaikan dalam kegiatan sosialisasi Citarum Harum yang digelar Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Provinsi Jawa Barat di SMAN 1 Telukjambe, Karawang, Jawa Barat, Kamis (8/8/2019).

“Kami sangat bangga SMAN 1 Telukjambe bisa dipilih menjadi lokasi untuk mensosialisasikan program Citarum Harum. Kegiatan ini akan mendorong dan melatih anak-anak untuk membiasakan diri hidup sehat dengan aktif menjaga kebersihan lingkungan,” ujar Kepala SMAN 1 Telukjambe, Dra. Hj. Endah Dwi Riyani, M.Pd, kepada Karawangsport, Kamis (8/8/2019).

Kepala SMAN 1 Telukjambe, Dra. Hj. Endah Dwi Riyani, M.Pd. (Foto: Ayi Purnama)
Dikatakan Hj. Endah, sosialisai Citarum Harum yang digelar Diskominfo Jabar menjadi kali kedua yang terselenggara di sekolahnya. Sebelumnya, lanjut dia, kegiatan serupa telah digelar DLHK Karawang, Dinkes Karawang dan Kodim 0604 Karawang yang diwakili Koramil 0411 Telukjambe pada 25 Juli 2019.

“Semoga apa yang disampaikan narasumber bisa diaplikasikan seluruh siswa dalam kehidupan sehari-hari untuk aktif menjaga kebersihan baik di dalam maupun di luar lingkungan sekolah, termasuk kebersihan sungai Citarum,” ucap Hj. Endah yang diamini Wakasek Kesiswaan Samira Suminar Sari Heriyadi, M.Pd, Wakasek Kurikulum Hj. Siti Masitoh, M.Pd, Wakasek Sarana Prasarana Drs. Ucu Sofyan Sauri, M.Pd,  dan Wakasek Humas Didi Junaedi, S.Pd.

Kepala SMAN 1 Telukjambe, Dra. Hj. Endah Dwi Riyani, M.Pd (kedua dari kiri), Kepala Diskominfo Provinsi Jawa Barat, Setiaji, S.T., M.Si (ketiga dari kiri). (Foto: Ayi Purnama)
Kepala Diskominfo Provinsi Jawa Barat, Setiaji, S.T., M.Si mengatakan, Citarum Harum merupakan program unggulan pemerintah Provinsi Jawa Barat sekaligus program strategis nasional. Atas dasar itu, Diskominfo Jabar menggelar sosialisasi di SMAN 1 Telukjambe sebagai upaya menjaga kebersihan sungai Citarum.

“Kami sengaja melakukan sosialisasi ke anak-anak sekolah karena mereka merupakan generasi penerus bangsa yang akan mengelola alam ke depannya. Kita harus tanamkan nilai-nilai positif terutama bagaimana bisa memelihara dan menjaga sumber kehidupan seperti air,” jelasnya.

Setiaji menambahkan, sumber pencemaran sungai tidak hanya berasal dari industri, tapi dari lingkungan masyarakat. Oleh karena itu, Setiaji berharap generasi muda bisa aktif mengingatkan orang-orang disekitarnya untuk tidak mengotori Sungai Citarum.

“Sosialisasi serupa akan terus kami lakukan di daerah lain yang dilalui aliran Sungai Citarum, baik di lingkungan masyarkat, sekolah  maupun industri. Mudah-mudahan dengan aktifnya seluruh pihak menjaga Sungai Citarum, program Citarum Harum yang sama-sama kita perjuangkan bisa tercapai,” katanya.


Kepala Cabang Dinas (KCD) Pendidikan Wilayah IV Jawa Barat, Ai Nurhasan, A.P., M.Si saat memberikan sambutan. (Foto: Istimewa)
Kepala Cabang Dinas (KCD) Pendidikan Wilayah IV Jawa Barat, Ai Nurhasan, A.P., M.Si berharap, seluruh siswa SMAN 1 Telukjambe dapat mengimplentasikan cara hidup bersih dan sehat setelah mengikuti kegiatan sosialisai Citarum Harum.

“Seperti membuang sampah pada tempatnya dan menjaga kebersihan aliran Sungai Citarum,” ucapnya. (ayi/dea)
Siswa-siswi SMAN 1 Telukjambe mengikuti kegiatan sosialisasi CItarum Harum. (Foto: Ayi Purnama)
Siswa-siswi yang menampilkan kesenian angklung dalam acara sosialisasi Citarum Harum. (Foto: Ayi Purnama)
Persembahan tari jaipong SMAN 1 Telukjambe. (Foto: Ayi Purnama)

Tidak ada komentar