Breaking News

PASI Karawang Targetkan Sumbang Atlet di PON 2020

Atlet atletik Karawang saat menjalani latihan di Stadion Singaperbangsa, Karawang. Terlihat, Ketua Umum PASI Karawang, Usep Rahman Daud, M.Pd (kiri) memimpin langsung sesi latihan. (Foto: Ayi Purnama)
Pengurus cabang (Pengcab) Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) Karawang, menargetkan bisa menyumbangkan atlet bagi kontingen Jawa Barat (Jabar) di Pekan Olahraga Nasioanl (PON) 2020, yang rencananya akan dilaksanakan di Provinsi Papua.

“Selain berprestasi di Porda Jawa Barat 2018, target kami bisa mencetak atlet handal yang mampu menembus dan meraih prestasi di PON Papua 2020,” ujar Ketua PASI Karawang, Usep Rahman Daud, didampingi Sekretaris Umum, Syarif Rahmanurdin dan Bendahara, Thalib Hadiwijaya, kepada Karawangsport, baru-baru ini.

Diakui Usep, absennya PASI Karawang menyumbangkan atlet berlaga di PON selama kurang lebih 24 tahun menjadi motivasi pihaknya untuk kembali berpartisipasi. Tercatat, atlet terakhir yang pernah merasakan ketatnya persaingan di hajatan akbar olahraga empat tahunan tersebut yaitu Edah Suhaedah, yang saat ini menjabat sebagai ketua bidang pembinaan. 

BACA JUGA BERITA:

“Saat itu, Ibu Edah turun di PON Jakarta 1993. Sebenarnya, jelang PON 2012 di Riau dan PON 2016 di Jabar, ada atlet kami yang berpeluang untuk masuk tim atletik seperti Soni Sonjaya (2012) dan Darman (2016). Namun, faktor non teknis menjadi kendala atlet kami merealisasikan kesempatan tersebut,” ucapnya.

Jelang PON 2020, Usep mengatakan, pihaknya optimistis bisa menyumbangkan atlet bagi tim atletik Jabar. Pasalnya, lanjut dia, saat ini terdapat atlet-atlet muda berkualitas seperti Laharous Darus (lempar martil) dan Darman (estapet) yang memiliki potensi besar untuk mewujudkannya.

“Selain Laharous dan Darman, kami juga memiliki harapan yang sama besarnya terhadap atlet-atlet lainnya. Mudah-mudahan mereka semua bisa memperlihatkan kualitas terbaik yang dimiliki di Porda 2018, sehingga peluang untuk masuk tim atletik Jabar semakin terbuka,” katanya. (ayi)
Ketua Bidang Pembinaan PASI Karawang, Edah Suhaedah, adalah salah satu atlet terbaik di masanya. Perempuan kelahiran Karawang, 15 Oktober 1972 ini berhasil menyumbangkan perunggu bagi kontingen Jabar di PON Jakarta 1993. (Foto: Ayi Purnama)