Breaking News

Bawa Pulang 27 Medali, Karawang Juara Umum Popwilda Jabar 2019

Dra. Sitti Imas Massitoh, M.Pd (ketujuh dari kanan). (Foto: Ayi Purnama)
Kontingen Kabupaten Karawang berhasil menorehkan prestasi membanggakan dalam perhelatan Pekan Olahraga Pelajar Wilayah Daerah (Popwilda) Wilayah II Jawa Barat 2019. Karawang keluar sebagai juara umum dengan membawa pulang 27 medali.

Penanggung jawab kontingen Kabupaten Karawang, Drs. H. Dadan Sugardan, M.Pd, melalui ketua kontingen, Dra. Sitti Imas Massitoh, M.Pd mengatakan, dalam event yang berlangsung di Kota Bandung, 7-11 Juli 2019, 27 medali yang diraih terdiri dari 8 medali emas, 7 perak dan 12 perunggu.

“Alhamdulillah usaha dan doa kita bisa mendapatkan hasil yang memuaskan, dari delapan cabang olahraga (cabor) yang dikirimkan, Karawang mampu membawa pulang 27 medali dan keluar sebagai juara umum. Ini menjadi kado manis perpisahan saya sebagai Kabid Pemuda dan Olahraga, Disdikpora Karawang,” ujar Sitti Imas Massitoh, yang pindah tugas menjadi Kabid PAUD Dikmas, kepada Karawangsport, Kamis (11/7/2019).

Tonton Juga Video:

Dijelaskan Imas, medali emas disumbangkan tiga cabor yaitu pencak silat (5), bola basket (2) dan tenis lapangan (1). Perak diraih cabor pencak silat (5), bola voli (1) dan sepakbola (1). Sedangkan perunggu disabet cabor pencak silat (8), bola voli (1), sepak takraw (1), tenis lapangan (1) dan tenis meja (1).

“Prestasi ini meningkat dari raihan Popwilda sebelumnya (2017). Saat itu Karawang harus puas finis di posisi juara umum ketiga dengan torehan 20 medali, terdiri dari delapan emas, tiga perak dan sembilan perunggu,” jelasnya.

Dari torehan 27 medali, Imas menambahkan, Karawang sukses meloloskan lima cabor yakni pencak silat, bola voli, bola basket, tenis lapangan dan sepakbola ke gelaran Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) 2020. Hanya bulutangkis, tenis meja dan sepak takraw yang gagal meraih tiket.

“Dari lima cabor yang lolos, total ada 15 kategori yang akan kembali bertanding di Popda. Pasalnya, peraih emas dan perak atau juara satu dan dua dari setiap kategori yang dipertandingkan berhak tampil di Popda,” ucapnya.

Lebih lanjut Imas berharap, pencapaian di Popwilda bisa dipertahankan saat kontingen Karawang berlaga di Popda Jawa Barat 2020 mendatang, dengan banyaknya atlet yang bisa memperkuat Jawa Barat berlaga di Popnas.

“Tak hanya atlet-atlet dari cabor yang telah melalui Popwilda 2019, tapi atlet asal cabor yang langsung otomatis lolos ke Popda seperti judo, taekwondo, karate, atletik dan cabor lainnya,” katanya.

Untuk diketahui, di bawah kontingen Karawang, terdapat Kota Bekasi di posisi kedua dengan mencatatkan 7 medali emas, 7 perak dan 6 perungu. Kemudain Kota Cimahi (7 emas, 3 perak dan 11 perunggu), Kabupaten Subang (7 emas, 2 perak dan 8 perunggu), Kabupaten Bekasi (6 emas, 9 perak dan 10 perunggu) dan Kabupaten Purwakarta (5 perak dan 11 perunggu). (ayi/dea)

Tidak ada komentar